Selasa, 01 April 2008

Ayam Bakar Bumbu Rujak

aa
Punya ayam whole dari minggu kemarin belum diolah karena bingung mau dimasak apa. Pengennya sih opor ayam secara saya dan anak-anak suka. Tapi, sayangnya suami justru gak terlalu suka karena rasanya yang manis. Akhirnya putar otak dan cari-cari resep ayam. Nyarinya pun langsung di situs primbon saya, Dapur Astri Nugraha di Aussie dan langsung kepincut sama penampakan ayam bakar bumbu rujaknya. Aduuuuh,gak nyangka ternyata ayam dibumbuin seperti ini rasanya enaaaak banget. Cuma ada modifikasi dari Dapur Pippi soal jumlah bumbu, karena saya bikinnya stengah resep dan cabainya pun dikurangi dari total 15 cabai untuk 1/2 resep jadinya hanya 4 cabai saja, itu pun tanpa cabai rawit, hehehe.... Bukannya apa-apa sih, soalnya saya semenjak disini gak terlalu suka dengan rasa pedas menggigit, lebih suka yang samar2 saja pedasnya :-) Makanya gambarnya pun bukan merah menyala, cabainya sedikit siiih.... tapi coklat gelap karena pengaruh gula jawa dan asam jawa. Soal rasa tetep manteb.

Ini menjadi salah satu olahan ayam kesukaan saya akhirnya. Mungkin nanti kalo sudah di Indonesia dan selera pedas saya sudah kembali ke asal (Padang Gorontalo loh :-p) maka saya akan mencoba resep aslinya tanpa perubahan sedikit pun biar rasanya maknyuss dan keringetan mengucur dari badan ini setelah menyantapnya :-)



Ingredients :
1 ekor ayam, potong sesuai selera
2 lembar daun salam
200 ml santan

Bumbu halus :
7 bawang merah
4 bawang putih
2 kemiri
4 cabai merah
1/2 tomat merah
1/2 sdt ketumbar bubuk
1 cm lengkuas, cincang halus
1 sdt terasi
2 sdm gula merah
1 sdm asam jawa
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Directions :
- Bakar ayam sampai setengah matang dan agak mengering, angkat
- Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum lalu masukkan ayam.
- Aduk rata, lalu masukkan santan, aduk-aduk dan masak hingga santan mengental
- Angkat ayam, lalu bakar kembali ayam sambil sesekali diolesi bumbu.
- Sajikan ayam bakar beserta sisa bumbu
- Enak disajikan dengan nasi hangat kepul-kepul

2 komentar:

A.G mengatakan...

waaaah ngiler.... nasinya kepul-kepul ato kebul-kebul huehehe... jd lapar lg :(

Yeni Yulinda mengatakan...

mau dong say..