Senin, 14 April 2008

Bruine Bonen


Ini bacanya brenebon, masakan khas Manado. Sebenarnya saya gak tau loh sama brenebon ini meskipun Ibu saya orang Gorontalo. Ini malah suami yang minta masakin katanya dulu neneknya suka masak brenebon ini. Saya awalnya ketawa abis namanya lucu banget sempet sangsi apa ada emangnya ini makanan. Akhirnya suami yang nyari sendiri resepnya di internet trus ditunjukin ke saya, baru deh saya percaya. Kaget juga ternyata ini masakan khas Manado malah gantian diketawain sama suami, hehehe...

Resepnya saya dapat di MPnya Mba Ning Hapsari . Anak-anak saya suka sekali sama sup ini soalnya pake kacang merah dan tomat. Menyehatkan! Rasanya enak dan tambah asyik kalo makannya pake sambal dabu-dabu, Enak dan seger!



Ingredients:
1/2 kg daging sapi, potong sesuai selera
1/2 kg kacang merah, rendam semalaman
1 - 1,5 liter air
2 batang besar daun bawang, iris halus
4 batang seledri, iris kasar
2 buah tomat besar, iris sesuai selera
1 siung bawang bombay, iris tipis melintang
5 siung bawang putih, cincang halus
5 butir cengkeh
1 sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk
garam secukupnya
kaldu sapi bubuk bila suka
minyak untuk menumis

Directions:
- Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan bawang bombay, masak sampai layu.
- Masukkan potongan daging sapi, masak sampai daging berubah warna, Masukkan kacang merah, aduk-aduk lalu beri air secukupnya. Masak dengan api kecil.
- Masukkan irisan tomat, daun bawang, seledri, dan bumbu2 lainnya. Masak hingga daging dan kacang merah empuk dan rasa menyatu.
- Angkat dan sajikan

1 komentar:

A.G mengatakan...

laporan aku dah bikin tongseng kambing, rasane wendang tenan..
lain kali nyoba resep ini kl ada beli kacang merah ( eh kcg merah itu sama ga kyk kacang tholo )

resep puding aku nemu *disini* n aku pk resep ini..soale kebetulan stok puding instanku habis. Ukuran diresep puding itu pas buat porsi cakeku ( loyang ukuran 30x20).